1. Kompetisi
Pendagogic
1.1
Berikan contoh nyata
Saudara lakukan dalam pembelajaran yang memperhatikan karakteristik ,
kebutuhan, dan perkembangan peserta didik.
Jawaban
:
Dalam kegiatan proses belajar-mengajar
kita harus selalu memerhatikan perkembangan, kebutuhan, dan karakteristik
peserta didik. Misalnya, penilaian informal mungkin saja lebih sesuai pada
tingkat sekolah dasar, sedangkan nilai huruf makin dianggap penting pada
tingkat sekolah menengah. Oleh karena itu, kita harus mengetahui makna
pendidikan itu apa?, karena pendidikan sebenarnya adalah proses untuk
mengembangkan semua aspek kepribadian manusia, yang mencangkup pengetahuannya,
nilai serta sikapnya dan keterampilannya.
1.2
Berikan contoh nyata
Saudara lakukan dalam pembelajaran yang dilandasi konsep dan prinsip ilmu
pendidikan.
Jawaban
:
Dalam kegiatan pembelajaran kita harus
selalu mengajarkan atau melaksanakan pendidikan dari sejak lahir sampai
meninggal dunia (life long education),
dan pembelajaran juga harus diterapkan bukan hanya di lingkungan sekolah saja,
akan tetapi harus diterapkan di lingkungan keluarga, dan di lingkungan
masyarakat juga. Tanggung jawabnya juga bukan hanya di dilaksanakan oleh
perseorangan saja aka tetapi harus diterapkan oleh semua pihak, baik itu
keluarga, masyarakat dan pemerintah.
Dalam hal ini juga tidak lupa kita harus melaksanakan pendidikan sesuai dengan
prinsip-prinsip pendidikan itu sendiri.
1.3
Berikan contoh nyata
Saudara lakukan dalam pembelajaran yang memperhatikan konsep, prinsip dan
prosedur pengembangan kurikulum.
Jawaban :
Dalam proses pembelajaran kita
harus memperhatikan Apakah metode/teknik belajar mengajar yang digunakan cocok
untuk mengajarkan bahan pelajaran?, Apakah metode/teknik tersebut memberikan
kegiatan yang bervariasi sehingga dapat melayani perbedaan individual siswa?,
Apahah metode/teknik tersebut dapat memberikan urutan kegiatan yang
bertingkat-tingkat?, Apakah metode/teknik tersebut dapat menciptakan kegiatan
untuk mencapai tujuan kognitif, afektif, dan psikomotor?, Apakah metode/teknik
tersebut lebih mengaktifkan siswa, atau mengaktifkan guru, asau kedua-duanya?,
Apakah metode/teknik tersebut mendorong berkembangnya kemampuan baru?, Apakah
metode/teknik tersebut menimbulkan jalinan kegiatan belajar mengajar di sekolah
dan di rumah, juga mendorong penggunaan sumber belajar yang ada di rumah dan
masyarakat?, Untuk apa keterampilan sangat dibutuhkan kegiatan yang menekankan
“learning by doing” disamping learning by seeing and knowing ?. Jika semua itu
sudah dilakukan berarti pembelajaran tersebut sudah memperhatikan pengembangan
kurikulum yang ada. Akan tetapi semua itu juga harus sesuai dengan
prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yang tertera pada Permendikbud
No.65/2013 tentang Standar Proses.
1.4
Berikan contoh nyata
Saudara lakukan dalam pembelajaran yang dilandasi teori, prinsip dan strategi
pembelajaran.
Jawaban
:
Dalam hal ini, ada beberapa contoh yang
dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Kita bisa menggunakan metode dengan
cara Ceramah di depan kelas, membangun forum tanya jawab, membangun diskusi
didalam kelas dan lain sebagainya.
1.5
Berikan contoh nyata
Saudara lakukan dalam pembelajaran yang menciptakan situasi pembelajaran
interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas dan kemandirian.
Jawaban
:
Didalam hal ini, ada beberapa contoh
yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran adalah membangun komunikasi
yang interaktif, disela-sela proses pembelajaran dapat dilakukan permainan-permainan
yang interaktif, edukatif, dan menarik.
1.6
Berikan contoh nyata
Saudara lakukan dalam pembelajaran yang dilandasi konsep, prinsip, prosedur dan
strategi bimbingan.
Jawaban
:
Dalam hal ini ada beberapa contoh yang
dapat diterapkan dalam pembelajaran yang berlandaskan konsep, prinsip, prosedur
dan strategi bimbingan. Pertama adalah berikan kenyamanan pada siswa dalam
proses bimbingan sehingga siswa tidak merasa takut akan hal-hal yang membuatnya
merasa tidak nyaman. Kedua, dalam proses bimbingan kita harus memberikan
bantuan-bantuan. Karena menurut Shertzer dan Stone (1971: 40) mengartikan
bimbingan sebagai “… process of helping
an individual to understand himself and his world (Proses pemberian bantuan
kepada individu bertujuan agar mempu memahami diri dan lingkungannya)”. Ketiga,
memberikan penekanan-penekanan yang bersifat positif. Karena bimbingan sebenarnya
merupakan proses bantuan yang menekankan kekuatan dan kesuksesan yang bertujuan
untuk membangun pandangan-pandangan positif terhadap diri sendiri, memberikan
dorongan, dan peluang untuk berkembang. Keempat, membantu individu untuk
mengenal, memahami, menerima, dan mengembangkan dirinya sendiri. Kelima adalah
proses bimbingan harus ditujukan bagi semua siswa atau individu.
1.7
Berikan contoh nyata
Saudara lakukan dalam pembelajaran yang menerapkan media pembelajaran termasuk
teknologi, komunikasi dan informasi.
Jawaban
:
Dalam proses pembelajaran penggunaan
media pembelajaran termasuk teknologi, komunikasi dan informasi sangat berguna.
Salah satunya adalah penggunaan Audio Visual Aid (AVA), yang telah banyak
membantu para guru lainnya dalam memberikan pengalaman belajar kepada peserta
didik. Akan tetapi, ini juga dapat memberikan dampak negative, maka tugas
pendidikan yang bersifat normative harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
Untuk membantu guru dalam mengatasi hal-hal yang bersifat negative. Melalui
Pendidikan Agama, Pendidikan Moral Pancasila, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
sangat besar perannya dalam hal ini. Lewat materi Pendidikan dalam bidang studi
yang baru disebutkan ini, pendidik dapat mengembangkan sikap-sikap positif
dalam pribadi anak. Disamping itu, pemberian sejumlah pengetahuan kognitif dan
keteampilan untuk dapat melaksanakan pengetahuan yang telah dimiliki harus
ditingkatkan pula, agar anak didik dapat segera terjun kemasyarakat dengan
bekal yang memadai.
1.8
Berikan contoh nyata
Saudara lakukan dalam pembelajaran yang menerapkan prinsip, alat, prosedur
penilaian, proses dan hasil belajar.
Jawaban :
Dalam kegiatan proses
belajar-mengajar kita harus selalu memerhatikan prinsip, alat, prosedur
penilaian, proses dan hasil belajar. Ada beberapa contoh yang bisa dilakukan
untuk memperoleh hasil belajar yang optimal. Pertama, didalam proses
pembelajaran tersebut harus mengandung prinsip penilaian, diantaranya Sahih, Objektif, Adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dan
berkesinambungan, sistematis, beracuan kriteria, akuntabel. Kedua, mengandung
beberapa tahapan proses pembelajaran yaitu, Perencanaan, Pengumpulan data,
Pengolahan data, Penafsiran terhadap hasil kegiatan, Penggunaan hasil
penilaian.
2. Kompetensi
Kepribadian
2.1. Berikan
contoh nyata yang Saudara lakukan dalam penampilan diri sebagai pribadi yang
jujur, mantap, stabil, dewasa, berwibawa serta arif dan bijaksana.
Jawaban :
Contoh nyata dalam hal tersebut
seperti, tampil percaya diri dalam setiap kesempatan yang ada lalu kita pun
harus bersikap adil dn bijaksana dalam membuat sebuah keputusan dan juga dalam
berperilaku. Selanjutnya kita sebagi calon guru harus memberi contoh yang baik
bagi para murid karena kita merupakan panutan mereka, kita sebagai seorang
pendidik harus senantiasa konsisten berkomitmen dengan kode etik pendidik yang
ada.
2.2. Berikan
contoh nyata yang Saudara lakukan dalam perilaku yang berahlak mulia dan
menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat sekitar.
Jawaban :
Karena nanti kita akan menjadi
panutan bagi para peserta didik dan masyarakat yang ada disekitar kita maka
kita harus senantiasa berkata dan bersikap jujur agar selalu dihargai oleh
semua orang lalu kita pun harus bijak, dewasa dan stabil dalam meyikapi segala
hal. Selain itu kita pun harus selalu bersikap ramah, sopan dan santun terhadap
semua orang agar dapat disenangi oleh semua orang. Kita pun harus berpenampilan
rapih dan sopan agar orang yang meniru kita dapat meniru kebaikan kita, dilain
sisi kita pun sebagai calon guru harus berpengetahun yang luas.
2.3. Berikan
contoh nyata yang Saudara lakukan dalam pola pikir, sikap, dan perilaku
demokratis.
Jawaban :
Dalam hal ini, seorang guru harus
selalu menanamkan domokrasi atau nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila
kepada muridnya. Akan tetapi sebelumnya guru harus menanam nilai-nilai yang
terkandung di dalam pancasila di dalam dirinya.
2.4. Berikan
contoh nyata yang Saudara lakukan dalam sikap dan komitmen terhadap profesi
serta menjunjung tinggi kode etik pendidikan.
Jawaban :
Dalam hal ini,seorang guru harus bertingkah
laku sewajarnya sebagai guru, seorang gurupun harus menjadi panutan yang baik
bagi para peserta didik, karena dibatasi oleh kode etik pendidik maka guru pun
dalam kesehariannya harus berperilaku dan berkomunikasi dengan tetap konsisten
terhadap komitmen kode etik pendidik dengan tidak melanggar kode etik tersebut.
3. Kompetensi
Sosial
3.1. Berikan
contoh nyata yang Saudara lakukan dalam komunikasi yang bersikap terbuka,
obyektif, dan tidak diskriminatif.
Jawaban :
Didalam hal ini, kita sebaiknya
harus membangun komunikasi yang baik sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang
tidak diinginkan dalam proses belajar. Dan juga perlunya sikap yang bijaksana
sehingga siswa merasa nyaman.
3.2. Berikan
contoh nyata yang Saudara lakukan dalam berkomunikasi dan bergaul secara
efektif dan santun dengan peserta didik.
Jawaban :
Seorang pendidik dalam
berkomunikasi dan bergaul dengan peserta didiknya harus mampu menjadi tauladan
yang baik bagi mereka dan juga harus mampu untuk member motivasi bagi para
peserta didik, namun dalam bergaul ini seorang pendidik harus selalu berpegang
teguh terhadap kode etik pendidikan yang berlaku.
3.3. Berikan
contoh nyata yang Saudara lakukan dalam berkomunikasi dan bergaul secara
kolegial dan santun dengan sesame guru dan tenaga kependidikan.
Jawaban :
Dalam bergaul dan berkomunikasi
dengan sesama tenaga kependidikan kita tidak boleh menyinggung perasaan satu
sama lain karena akan mengakibatkan rusaknya jalinan silaturahmi, saat berkata
pun harus sopan santun dan juga halus. Satt berkomunkasi dan bergaul harus
tetap sesuai dengan norma dan etika yang berlaku.
3.4. Berikan
contoh nyata yang Saudara lakukan dalam berkomunikasi secara empatik dan santun
dengan orang tua/wali peserta didik serta masyarakat sekitar.
Jawaban :
Kita sebagai calon pendidik senantiasa
harus menjadi panutan yang baik bagi lingkungan sekitar, kita pun harus mampu
menjadi seorang pendengar yang baik, dan juga harus berpengetahuan luas. Saat
bergaul kita harus tetap menjaga perasaan orang lain dan sikap salingmenghargai
satu sama lain.
3.5. Berikan
contoh nyata yang saudara lakukan dalam kehidupan yang berdampingan dengan
kondisi sosial budaya setempat.
Jawaban :
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan mempunyai sikap toleransi dengan kondisi sosial budaya
setempat.
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan menghargai kondisi budaya setempat.
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan mempunyai sikap kepedulian untuk menjaga kondisi sosial
budaya agar tetap berjalan secara berdampingan.
3.6. Berikan
contoh nyata yang saudara lakukan dalam berkerjasama efektif dengan peserta
didik, sesama guru, dan tenaga kependidikan dan masyarakat sekitar.
Jawaban
:
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan aktif di organisasi profesi guru.
·
Melakukan diskusi
sesama guru agar semakin akrab dan dapat
berkerjasama dengan efektif.
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan terampil berkerja sama dengan masyarakat sekitar untuk
membina rasa tanggung jawab bersama terhadap peserta didik.
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan
peserta didik dan menggunakan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran
yang membangun.
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan memelihara hubungan seprofesi dan kesetiakawanan sesama guru
dan tenaga kependidikan.
4.
Kompetensi professional
4.1. Berikan
contoh nyata yang saudara lakukan dalam melaksanakan tugas sebagai guru yang
menguasai substansi aspek-aspek perkembangan anak.
Jawaban:
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan menerapkan teori belajar sesuai tingkat perkembangan peserta
didik.
·
Sebagai seorang pengajar
saya akan mengkaitkan pelajaran sesuai aspek perkembangan untuk memahami
kesulitan belajar.
4.2. Berikan
contoh nyata yang saudara lakukan dalam melaksanakan tugas sebagai guru yang
menguasai konsep dan teori perkembangan anak yang menaungi bidang-bidang
pengembangan
Jawaban :
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan mempraktikan pengajaran sesuai perkembangan anak yang mereka
butuhkan.
4.3. Berikan
contoh nyata yang saudara lakukan dalam melaksanakan tugas sebagai guru yang
mengintegrasikan berbagai bidang pengembangan ilmu.
Jawaban :
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan memahami standar kompetensi mata pelajaran di bidang
pengembangan ilmu.
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan melakukan refleksi terhadap strategi pengembangan ilmu yang
dapat dilakukan sebagai umpan balik untuk proses perbaikan.
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan meminta tanggapan dari yang lain tentang pengetahuan yang
diperoleh lalu pengetahuan tersebut dikembangkan.
4.4. Berikan
contoh nyata yang saudara lakukan dalam melaksanakan tugas sebagai guru yang
mengaitkan bidang pengembangan dengan kehidupan sehari-hari.
Jawaban :
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan mempraktikan pengetahuan dan pengembangan artinya
diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan membiasakan peserta didik untuk memecahkan masalah agar
dapat berkembang dibidang pelajaran dan kehidupannya.
4.5. Berikan
contoh nyata yang saudara lakuka dalam melaksanakan tugas sebagai guru yang
memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi untuk pengembangan diri dan
profesi.
Jawaban :
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan melakasakan pembelajaran dengan bantuan teknologi seperti
melaksanakan presentasi dengan bantuan power point.
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan memberi pelajaran online seperti materi yang di share di
blog atau melakukan ulangan secara online.
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan berkomunikasi dengan bantuan teknologi agar bisa lebih dekat
dengan peserta didik dan mudah untuk berkomunikasi.
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan memasukan nilai siswa
dengan menggunakan Microsoft office excel agar perhitungan akan lebih mudah
dari pada yang manual.
·
Sebagai seorang
pengajar saya akan berusaha memperoleh informasi tentang peserta didik sebagai
bahan melalukan bimbingan dan pembinaan.
informasinya sangat bermanfaat ijin nyimak untuk pembelajaran mas
ReplyDeletesiip gan ,,,,
Delete